Bolehkah Pekerjakan PRT di Bawah 17 Tahun?

KOMPAS.com – Sehabis Lebaran tahun lalu, pembantu rumah rumah tangga (PRT) keluarga saya membawa keponakannya. Dia seorang gadis yang baru berusia 15 tahun. Gadis itu meminta dicarikan tempat untuk bisa bekerja sebagai PRT. Kebetulan banyak saudara dan teman yang memang sedang mencari PRT karena PRT yang lama tidak kembali lagi sehabis Lebaran. Tetapi saya bingung dengan usia si gadis yang masih di bawah 17 tahun. Apakah mengabulkan permintaannya untuk bekerja bisa membuat saya dianggap mempekerjakan anak di bawah umur? Tapi demi Tuhan, boleh percaya atau tidak, ini keinginannya sendiri. Bukan saya atau PRT saya yang memaksa dia untuk bekerja. Sebenarnya berapakah batas usia seseorang sudah mulai bisa bekerja? Saya lihat banyak kok rumah lain yang pembantunya masih kecil-kecil. Mohon penjelasannya, Bu. Terima kasih banyak sebelumnya. – Hermy, Pondok Gede.

Hingga kini, Indonesia belum memiliki Undang-undang yang khusus mengatur pembantu rumah tangga (PRT), misalnya mengenai batas umur, upah minimum, jumlah jam kerja per hari, dan sebagainya. Namun, batasan usia minimum anak diperbolehkan bekerja diatur dalam Konvensi International Labour Organization (ILO) no. 138 dan rekomendai no. 146 yang telah disahkan oleh pemerintah Indonesia dengan Undang-undang no. 20 Tahun 1999.

Undang-undang tersebut menjelaskan bahwa batas minimum usia anak bekerja di Indonesia adalah 15 tahun. Dengan demikian, Ibu tidak dapat dipersalahkan atau dituduh mempekerjakan anak di bawah umur, sebab telah sesuai dengan ketentuan perundang-undangan yang berlaku (anak itu sudah berusia 15 tahun).

Karena belum ada Undang-undang yang khusus mengatur tentang PRT, jika terjadi kasus-kasus tertentu seperti kekerasan, peraturan yang dapat mengatur kasus tersebut adalah undang-undang umum seperti KUHP, Undang-undang Kekerasan Dalam Rumah Tangga, dan sebagainya.

(Prof. Dr. Zulfa Djoko Basuki SH.MH, Ahli Hukum dan Guru Besar FHUI/Majalah Sekar)

click to enlarge

⁠Editor: NF ⁠ ⁠Sumber : Majalah Sekar⁠
http://m.kompas.com/news/read/data/2010.06.26.20074632

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s