Asyiknya Belanja Alpukat

Devita Sari : detikFood

detikcom – Jakarta, Belanja aneka buah-buahan seperti alpukat saat liburan sekolah seperti ini tentunya memang mengasyikkan. Apalagi alpukat merupakan salah satu buah-buahan yang jika dibuat minuman hmm… rasanya segar dan yummy. Sebelum membeli, yuk intip dulu bagaimana memilih alpukat yang baik!

Buah alpukat memang merupakan salah satu buah favorit yang banyak dicari. Selain rasanya yang enak dibuat minuman, campuran es, atau di jus, buah yang satu ini juga mengandung vitamin yang bermanfaat bagi tubuh. Sebut saja vitamin E dan vitamin A yang baik bagi kesehatan kulit. Selain itu juga kandungan potasium pada alpukat bisa menurunkan tekanan darah.

Membedakan alpukat matang dan mentag serta alpukat yang baik sebenarnya gampang-gampang susah. Yang perlu diingat dalam memilih alpukat sebaiknya kita jangan tertipu oleh penampilan luarnya. Alpukat yang kulitnya berwarna kecoklatan belum tentu sudah matang.

Saat membeli rasakan daging buah alpukat tersebut dengan tangan, jika saat ditekan teksturnya keras berarti masih mentah dan jika sebaliknya berarti alpukat sudah siap dikonsumsi. Alpukat yang enak dan tidak pahit adalah yang tua.

Pilih alpukat yang tua dan ujung tangkai besar, jika diangkat terasa berat. Pilih juga yang bagian luarnya mulus agar dagingnya tidak terlalu berserat. Nah, kalau tidak mau segera langsung dikonsumsi pilih yang setengah matang sehingga masih bisa disimpan dulu beberapa hari di tempat yang kering dan sejuk.

Alpukat yang enak dan paling banyak dicari adalah alpukat mentega. Buah ini banyak dijual di berbagai tempat mulai dari toko buah, supermarket, sampai pasar tradisional. Berhubung termasuk sebagai buah musiman, jadi kalau tidak sedang musimnya harganya memang sedikit lebih mahal.

Saat liburan anak sekolah seperti ini belanja alpukat bisa jadi lebih mengasyikkan. Apalagi aplukat yang bisa diolah menjadi berbagai macam minuman seperti jus dan campuran es ini bisa jadi menu asyik dan sehat si kecil saat liburan sekolah.
http://m.detik.com/read/2010/06/27/153209/1387788/482/asyiknya-belanja-alpukat?hlight

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s