Modal iPhone 4 Cuma 187,51 Dollar AS

SEATTLE, KOMPAS.com – Meski punya banyak kelebihan dibandingkan pendahulunya, modal iPhone 4 ternyata tak beda jauh. Haraga bahan bakunya diperkirakan hanya selisih tak lebih dari 20 dollar dengan iPhone 3GS.

Firma analis iSuppli memprediksi modal dasar smartphone terbaru buatan Apple itu sekitar 187,51 dollar AS. Bandingkan dengan modal iPhone 3GS yang sebelumnya diperkirakan juga oleh iSuppli sebesar 170,80 dollar AS. Perkiraan harga tersebut hanya didasarkan penggunaan hardware saja, belum termasuk nilai software, biaya pembuatan, dan pemasaran.

Bagian paling mahal dari iPhone 4, menurut iSuppli adalah layar LCD resolusi tingginya. iSuppli memperkirakan harga LCD tersebut sekitar 28,5 dollar AS. Memori flash yang digunakan diperkirakan berharga 27 dollar AS. Sementara prosesornya yang diperkirakan dibuat Samsung dihargai 10,75 dollar AS. Teknologi layar sentuhnya menghabiskan 10 dollar AS sendiri.

iPhone 4 sendiri di AS dijual seharga 199 dollar AS dan 299 dollar AS untuk model 16 Gb dan 32 GB, Namun, harga tersebut merupakan harga subsidi dan termasuk kontrak langganan selama dua tahun di jaringan AT&T. Di Jepang, iPhone 4 dijual sekitar Rp 5 jutaan. Perangkat ini juga sudah dijual secara resmi di Perancis, Inggris, dan Jerman sejak Rabu (24/6/2010).

Dengan tambahan modal yang tidak terlalu besar, Apple bisa terus mempertahankan margin keuntungannya dengan menjual iPhone 4 dengan harga yang tidak berbeda dengan pendahulunya


http://m.kompas.com/news/read/data/2010.06.29.22540696

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s