Menghadapi Si Tukang Pilih Makanan

KOMPAS.com – Punya pengalaman menghadapi si kecil yang selalu memilih-pilih makanan? Kebanyakan anak-anak prasekolah memang tidak menyukai sejumlah makanan, terutama sayuran.


Memaksa mereka untuk makan sayuran, hanya akan membuat Anda naik darah. Karena, semakin dipaksa mereka akan semakin  menolak. Yang harus Anda sadari adalah andil Anda dalam menyiapkan makanan. Anda lah orang yang akan menentukan jenis makanan yang akan dihidangkan di meja makan.

Nah, hal ini menuntun kecermatan Anda dalam menyajikan makanan. Pintar-pintar lah menghadirkan makanan yang akan dihidangkan di meja makan. Memang mereka yang akan menentukan, apakah akan memakan hidangan tersebut atau tidak. Berkeras untuk menghidangkan menu yang tidak disukai si kecil hanya akan membuat ia tidur dalam keadaan lapar. Cara ini juga tidak baik untuk masa pertumbuhannya.

Untuk itu, ada beberapa cara untuk menghadapi si kecil yang sering memilih-pilih makanan seperti ditulis oleh Parentsconnect.com:

1. Beri ia semangat untuk mencoba makanan yang baru
Jika ia tidak suka sayur brokoli, coba hidangkan brokoli dengan cara yang berbeda. Misalnya menaburkannya ke atas baked potato buatan Anda. Biarkan ia mengatakan apa yang ia rasakan setelah mencicipi makanan itu. Kalau ia mengatakan tidak suka, Anda bisa mencoba memasukkan menu tersebut beberapa minggu kemudian.

2. Jadikan diri Anda sebagai role model
Anda meminta si kecil untuk memasukkan buah ke dalam kotak makan siangnya? Sementara itu Anda sendiri jarang terlihat membawa buah untuk bekal makan siang Anda di kantor? Wah, Anda harus tahu kalau anak kecil selalu mengamati dan mencontoh orangtuanya. Mereka menjadikan Anda role model. Kalau Anda membawakan bekal kentang rebus untuknya, maka Anda harus membawa bekal kentang rebus untuk Anda juga.

3. Jangan memaksa
Semakin Anda memaksanya untuk makan, akan semakin keras ia menolak. Satu hal yang ada di dalam pikirannya, ada sesuatu yang tidak ia sukai di dalam makanan itu, dan Anda memaksanya untuk makan. Biarkan ia leluasa memiliki makanan yang ada di meja makan.

4. Jangan samakan selera makan
Bahkan anak kembar pun tidak punya selera makanan yang sama. Nah, tugas Anda adalah mengenal makanan favoritnya, lalu menyajikannya bersama menu makanan yang kurang sukainya (dalam satu piring, RED).

5. Tanyakan keinginannya
Kalau si kecil sangat pilih-pilih makanan, yang harus Anda lakukan adalah menanyakan apa menu favoritnya. Anda tidak ingin ia kelaparan karena tidak makan malam bukan? Namun karena makanan favoritnya belum tentu sehat, Anda harus berpikir lagi untuk memodifikasi menu tersebut dengan sayur atau apa pun yang Anda nilai sehat buatnya.

6. Ajak berbelanja dan membantu masak
Sesekali ajak ia untuk ikut memilih sayuran, buah, atau jenis makanan yang ia inginkan. Setelahnya, ajak ia untuk membantu memasak. Anak pasti ingin mencicipi masakan yang telah ia buat bersama Anda.

7. Beri porsi sesuai
Ukuran makan anak-anak pasti berbeda dengan porsi makanan orang dewasa. Satu mangkuk sayur bening tentu tidak harus dihabiskan oleh si kecil dalam sekali makan.

8. Biarkan si kecil makan banyak
Jika ia terlihat makan banyak untuk satu jenis makanan, biarkan saja. Tetapi pastikan ia juga memiliki asupan lain yang bisa membantu memberikan tenaga tambahan untuk beraktivitas.

9. Beri penghargaan
Katakan saja, kalau ia berhasil makan sayur selama seminggu penuh, akan ada hadiahnya. Misalnya, membeli buku cerita yang disukainya. Dorong ia untuk terus meningkatkan prestasinya ini.

10. Variasi
Jika si kecil memang sulit makan satu jenis sayuran atau ikan, pastikan Anda tahu trik menyembunyikan makanan agar si kecil tidak tahu kalau ia sedang menyantap makanan yang ia benci.

⁠Penulis: C2-10 ⁠ ⁠Editor: din
http://m.kompas.com/news/read/data/2010.02.17.18305883

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s