Dokumen Bocor, Windows 8 Ketahuan Mengekor Apple

Kamis, 1 Juli 2010 – 09:50 wib
Microsoft Corp merilis perdana sistem operasi terbaru Windows 7 pada 22 Oktober 2009. Belum satu tahun berselang setelah peluncuran perdana Windows 7, Microsoft rupanya sudah menyiapkan sistem operasi pengganti Windows 7. Rencana tersebut terungkap dari dokumen rahasia Microsoft yang bocor ke internet. Diduga, dokumen itu sengaja ditampilkan di internet oleh Active Professional Partner Microsoft Corp Francisco Martin Garcia, yang berkantor di Madrid, Spanyol.

Selanjutnya, dokumen rahasia yang berupa file presentasi itu ditampilkan dalam blog Microsoft Kitchen. Dari file presentasi itu, diketahui bahwa pengganti Windows 7 berkemungkinan besar akan diberi nama Windows 8. Menarik dicermati dalam dokumen rahasia Microsoft tersebut, Microsoft rupanya bercermin kepada Apple Inc dalam membangun Windows 8. Diketahui, Apple merupakan musuh bebuyutan Microsoft di industri teknologi informasi dan elektronik konsumsi, dan pada Mei 2010 kapitalisasi pasar Apple sudah mengalahkan Microsoft.

Dalam dokumen rahasia yang bocor ke internet, Microsoft tampak mengekor Apple dalam membangun Windows 8 karena Microsoft akan mengedepankan simplisitas penggunaan. Dalam dokumen itu, Microsoft nyata-nyata menyebut Apple sebagai produsen yang mampu menyajikan produk berkualitas tinggi yang mudah digunakan. Microsoft mengekor strategi Apple karena yakin bahwa produk berkualitas tinggi dan mudah digunakan akan membuat konsumen tidak mampu menolak untuk membeli produk itu. Apabila konsumen puas menggunakan produk tersebut, maka kesetiaan konsumen pun akan meningkat.

Teori itu memang ada benarnya. Apple berjaya di industri teknologi informasi dan elektronik konsumsi karena konsumen puas menggunakan portable media player (PMP) iPod.Berkat sukses iPod, produk-produk lain dari Apple, seperti komputer Macintosh, smartphone iPhone, dan bahkan tablet iPad ikut sukses di pasar. Dalam dokumen yang sama, terungkap pula bahwa Microsoft sedang bersiap membangun toko aplikasi online bernama Windows Store untuk mendukung Windows 8.Dengan toko aplikasi online, Windows 8 akan menjadi lebih kaya fungsi sehingga konsumen pun semakin antusias menggunakannya.

Sekali lagi, ini merupakan strategi yang sudah lama diterapkan Apple. Diketahui, iPod sukses berkat dukungan toko konten online iTunes Store. Sementara itu, iPhone dan iPad juga sukses berkat dukungan toko aplikasi onlineApp Store. Tidak hanya mengekor Apple, Microsoft berupaya menantang Apple dengan Windows 8. Sebab, Windows 8 rencananya dibangun untuk menjalankan komputer tablet, notebook,dan desktop tipe all-inone. Di pasar tablet, komputer Windows 8 akan bertarung melawan iPad. Sementara di pasar notebook, komputer Windows 8 akan menghadapi keluarga MacBook.

Sementara, di pasar desktop tipe all-in-one, komputer Windows 8 akan melawan iMac. Dalam dokumen rahasia yang bocor ke internet itu, Microsoft juga berencana membangun Windows 8 dengan mengoptimalkan potensi hardware. Sebagai contoh, karena sebagian besar notebook pada saat ini sudah dilengkapi kamera digital, maka Microsoft pun berupaya menambah fungsi kamera digital tersebut. Pada komputer Windows 8, kamera digital tidak hanya akan berfungsi untuk merekam gambar ataupun melakukan konferensi video, juga untuk meningkatkan sekuriti.

Sebab, pada Windows 8 Microsoft berencana menanam teknologi facial recognition. Dengan teknologi itu, pengguna Windows 8 bisa memanfaatkan kamera digital pada komputer untuk melakukan login. Jika wajah seseorang terdaftar sebagai pengguna yang sah sebuah komputer, maka orang itu dapat mengoperasikan komputer tersebut. Sebaliknya, jika wajah orang itu tidak terdaftar sebagai pengguna yang sah, maka orang itu tidak akan bisa menggunakan komputer tersebut.

Sistem sekuriti berbasis facial recognition pada Windows 8 merupakan kemajuan signifikan dibandingkan sekuriti berbasis password dan sistem biometrik sidik jari yang tersedia pada Windows 7. Temuan lain yang menarik dari dokumen rahasia Microsoft yang bocor ke internet adalah setiap komputer Windows 8 kelak akan dibekali sebuah tombol reset. Ketika tombol itu ditekan, maka Windows kembali ke posisi default, tetapi dokumen pengguna tidak akan hilang. Mekanisme ini mirip dengan sistem restorasi yang ada pada smartphone.

Dengan fungsi reset tersebut, pengguna Windows 8 juga akan terbebas dari rutinitas backup, yang selama ini menjadi kewajiban bagi para pengguna Windows 7. Rencana-rencana lain yang terungkap dari dokumen rahasia Microsoft yang bocor ke internet itu adalah Microsoft berupaya membangun Windows 8 untuk menjadi lebih hemat energi daripada Windows 7. Upaya pemangkasan konsumsi energi itu antara lain akan dilakukan dengan menyatukan tombol Logoff dan Hibernate. Lebih dari itu, Microsoft berupaya memangkas waktu startup Windows 8 sehingga komputer Windows 8 menjadi lebih cepat dapat dioperasikan setelah dihidupkan daripada komputer Windows 7.

Pemangkasan waktu startup sangat vital untuk menghemat energi terutama pada komputer bergerak. Pada Windows 8, Microsoft juga mempertahankan tradisi untuk menanam browser baru pada sistem operasi baru.Terungkap dari dokumen rahasia Microsoft, Windows 8 akan dilengkapi browser baru yang bernama Internet Explorer 9. Pada Windows 8, Microsoft berupaya pula untuk memperbaiki kualitas teknologi layar sentuh.Namun, Microsoft mengungkapkan dalam dokumen rahasia itu, komputer Windows 8 masih memerlukan sistem input tradisional seperti keyboard dan mouse.

Dalam dokumen rahasia itu, Microsoft tidak mengungkap tanggal peluncuran sistem operasi pengganti Windows 7, alias Windows 8. Namun,Windows 7 diketahui meluncur perdana sekitar tiga tahun setelah peluncuran perdana Windows Vista. Karena itu, Windows 8 diperkirakan menyerbu pasar pada tiga tahun setelah peluncuran perdana Windows 7. Hingga berita ini ditulis, Microsoft belum menanggapi isu kebocoran dokumen rahasia rencana Windows 8 tersebut. Namun, kepada situs berita teknologi CRN, juru bicara Microsoft Corp mengatakan, Microsoft pada saat ini sedang menyelidiki keaslian dokumen yang diduga dokumen rahasia Microsoft itu. (Koran SI/Koran SI) (srn)
http://m.okezone.com/read/2010/07/01/325/348459/dokumen-bocor-windows-8-ketahuan-mengekor-apple

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s