Ilmuwan Temukan Zat Penekan Rasa Lapar

Liputan6.com, Jakarta: Para ilmuwan di Inggris telah menemukan zat yang dapat penekan nafsu makan. Substansi zat tersebut ternyata ada secara alami di dalam tubuh manusia ini, bisa menuntun jalan bagi obat diet baru yang membantu orang menurunkan berat badan berlebih tanpa ada efek samping.

Inti zat tersebut adalah menghentikan makan yang bukan karena lapar. Temuan ini juga dapat digunakan untuk mengobati kecanduan alkohol dan penyalahgunaan obat-obatan, kata peneliti di Universitas Manchester seperti dilaporkan Mail online. Zat yang disebut hemopressin itu bekerja dengan mempengaruhi bagian otak yang memberi sinyal ketika seseorang menikmati makanan ringan atau rokok. Pengujian menunjukkan bahwa hemopressin memblokir wilayah otak tersebut dan mengurangi kenikmatan makan.

Dr Garron Dodd, salah satu penulis temuan terbaru yang diterbitkan dalam Journal of Neuroscience, berpendapat hemopressin dapat menekan rasa lapar tanpa efek samping. Di dalam tes, uji coba yang dilakuka pada tikus yang diberi zat hemopressin akan membuktikan mereka makan lebih sedikit. “Kami sekarang berencana untuk menyelidiki hal ini lebih lanjut,” kata Dr Dodd.Dia menambahkan: “Meskipun temuan kami memiliki indikasi aman, keselamatan, ini tidak dapat segera diekstrapolasikan ke manusia.

Temuan ini bisa mendorong penemuan obat yang merangsang otak untuk memproduksi lebih banyak hemopressin, katanya. (Ant/Mail Online)
http://m.liputan6.com/m/read/9/71/285008/kesehatan/berita/ilmuwan_temukan_zat_penekan_rasa_lapar

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s