Sediakan Alat Hiburan Selain TV

JAKARTA, KOMPAS.com – Hari Tanpa TV akan dilaksanakan Minggu yang akan datang (25/7/2010). Untuk melaksanakan hari tanpa televisi tersebut, para orang tua dihimbau menyediakan alternatif hiburan lain bagi anak.

“Di dalam keluarga, harus punya perabotan atau alat hiburan lain selain televisi untuk menyambut hari tanpa TV Minggu besok,” ucap Paulus Widiyanto, Ketua Masyarakat Komunikasi dan Informasi (MAKSI), dalam diskusi yang bertemakan partisipasi publik dalam peningkatan kualitas penyiaran, yang diselenggarakan di Universitas Al-Azhar, Selasa (20/7/2010).

Menurutnya, hari tanpa televisi merupakan salah satu alternatif untuk mengurangi ketergantungan masyarakat terhadap televisi, khususnya anak-anak.
Keluarga, dalam hal ini orang tua, harus menyediakan alat atau perabotan hiburan lain selain televisi, agar anak bisa menghabiskan waktunya dalam sehari pada 25 Juli besok.

“Di keluarga saya ada perpustakaan. Itu bisa menjadi alat hiburan lain selain televisi. Bagaimana dengan keluarga lainnya?” tutur pria berusia 60 tahun tersebut.

Dikatakannya, untuk menyukseskan program Hari Tanpa TV tersebut, adanya alternatif hiburan lain menjadi hal yang penting untuk disediakan. Jikalau tidak, anak-anak dapat melakukan hal-hal yang negatif untuk mengisi kekosongan hari tersebut.

Ditambahkannya, jangan hanya menyelenggarakan Hari Tanpa TV, tapi juga untuk selanjutnya dapat mengadakan Jam Tanpa Televisi. “Jam Tanpa Televisi itu baik untuk membatasi penggunaan televisi, jadi jangan hanya Hari Tanpa Televisi,” lanjutnya.

⁠Penulis: M06-10 ⁠ ⁠Editor: wsn
http://m.kompas.com/news/read/data/2010.07.20.16574242

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s