Pulau Es yang Lepas dari Greenland Tak Pengaruhi Laut Indonesia

Andri Haryanto : detikNews

detikcom – Jakarta, Pulau es berukuran 30 km x 10 km lepas dari gletser Petermann, Greenland, di selatan Kutub Utara, pekan lalu. Bongkahan es raksasa itu kini sedang melintasi Lautan Artic. Jika mencair, pulau es itu tidak terlalu berpengaruh bagi perairan Indonesia.

“Besaran pulau es yang pecah saat ini tidak terlalu berpengaruh, kecuali pecahan esnya sebesar Amerika, itu baru mengancam,” kata peneliti perubahan iklim dari University of Hamburg, Dr Armi Susandi, saat berbincang dengan detikcom, Kamis (12/7/2010).

Secara umum, pecahan es tersebut akan berdampak pada peningkatan volume air laut di sekitar perairan yang dilalui pulau es. “Volume di Indonesia sendiri tidak terlalu besar, jadi tidak terlalu berpengaruh,” jelas akademisi ITB itu.

Selain bertambahnya volume air laut di sekitar wilayah yang dilalui pulau es itu, yang perlu diwaspadai adalah ancaman ekosistem yang ada di laut tersebut.

“Karena ada perubahan iklim tentunya ekosistem di sana akan berpindah. Akibatya pola penangkapan nelayan akan berubah dan dampak lainnya nelayan itu akan memerlukan cost tambahan,” ujarnya.

Lalu, apa dampaknya secara langsung kepada wilayah tropis seperti Indonesia?

“Bukan volume air laut yang harus diwaspadai, tapi perubahan cuaca yang terjadi sekehendak alam,” jawab Armi.

Perubahan cuaca tersebut, imbuh Armi, adalah terjadinya perubahan cuaca secara ekstrem. Ia mencontohkan di Indonesia yang seharusnya memasuki transisi musim kemarau ke hujan justru terjadi di luar prakiraan.

“Di wilayah sub tropis hujan akan banyak, dan Indonesia akan mengalami kering karena awan yang membawa uap air berpindah ke wilayah sub tropis seperti Pakistan. Ini yang harus kita waspadai,” tuturnya.

Armi mengklaim terlepasnya pulau es salah satunya disebabkan oleh pemanasan global, di mana air dengan suhu tinggi masuk ke dalam rekahan gletser. “Pemanasan global makin mempercepat proses pecahnya gletser,” ujar Armi.

Selain berdampak pada bertambahnya volume air di sekitarnya, pulau tersebut dikhawatirkan menganggu aktivitas kapal-kapal yang berada di sekitarnya.
http://m.detik.com/read/2010/08/12/104022/1418785/10/pulau-es-yang-lepas-dari-greenland-tak-pengaruhi-laut-indonesia?hl

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s