Cara Menakar Porsi Menu Lewat Tangan

Mengonsumsi makanan terlalu berlebihan bisa menyebabkan obesitas yang bisa memicu timbulnya penyakit mematikan seperti jantung, diabetes, demensia, stroke dan kanker.

Untuk itu, segera kontrol porsi menu dalam piring Anda. Jika porsi Anda terlihat berukuran super, lakukan pengukuran porsi makanan hanya dengan telapak tangan Anda.

Seperti dikutip dari laman Shine, berikut panduan berguna untuk mengontrol porsi makanan yang tepat dengan tangan Anda:

Takaran porsi untuk protein
Protein merupakan bahan bakar energi untuk membantu membangun otot yang kuat. Gunakan area dan ketebalan telapak tangan untuk menakar porsi daging ayam, ikan atau tahu.

Takaran porsi sayuran
Mengonsumsi protein tak lengkap rasanya jika tak ditemani sayuran. Pilih dua jenis sayuran segar, dan masing-masing takar dengan kepalan tangan Anda untuk mendapatkan satu ton nutrisi dan antioksidan.

Takaran porsi salad
Gunakan kedua tangan Anda seperti sendok untuk mengangkat sebagian besar sayuran berdaun. Dan untuk menakar satu sendok saus, gunakan panjang ibu jari Anda sebagai panduan.

Takaran porsi buah
Bila Anda mencari tahu berapa banyak buah berry yang harus Anda tumpuk di atas yoghurt di pagi hari, takar jumlah buah segar dengan tangan kanan.

Takaran minyak
Hal ini harus benar-benar diwaspadai. Mengonsumsi minyak berlebih bisa membahayakan kesehatan. Untuk mentega dan minyak, gunakan ibu jari Anda sebagai ukuran.
Sumber : VIVAnews.com

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s