Mengapa Steve Jobs menolak bertemu ayah kandungnya?

Ketika Steve Jobs, sang pendiri Apple inc. meninggal berserakan cerita tentang latar belakang siapa dia sebenarnya. Selama ini penggemar dan pemujanya di Indonesia hanya terbius oleh kecanggihan berbagai macam perangkat keras produksi Apple inc. Ketika tahu bahwa Steve Jobs ternyata berayah seorang Suriah dan muslim bernama Abdulfattah ‘John’ Jandali, maka berbondong-bondong warga Indonesia yang merasa sepersaudaraan menyebarkan kabar ini,ditwitter dan facebook beragam komentar berhamburan. Euforia karena tahu Steve Jobs berayah muslim.

Tapi ada pertanyaan menggelitik dari berbagai berita tentang ayah Steve jobs itu, yang ternyata belum pernah bertemu dengan darah dagingnya. Ada juga berita yang bilang kalo sang ayah sudah pernah bertemu secara tidak sengaja dengan anaknya (Mereka tak tahu kalo berhubungan darah). Walter Isaacson, penulis biografi Steve Jobs, mengutip Mona Simpson yang diberitahu kalo sang ayah menjadi manajer restoran mediteranian di Silicon Valley. Sang ayah bilang, orang-orang Silicon Valley sering ke restorannya termasuk Steve Jobs, bahkan Steve sering memberi tips yang banyak.

Mengapa Steve Jobs menolak bertemu ayah kandungnya?
Pertanyaan itu muncul setiap membaca tentang Steve Jobs. Dan akhirnya terjawab setelah tahu, kalo ternyata Steve Jobs punya adik kandung yang bernama Mona E Simpson (nama lahir Mona Jandali). Jadi Steven Paul Jobs dan Mona Simpson lahir dari pasangan Abdulfattah Jandali dan Joanne Carole Schieble.

Saat Steve Jobs lahir tahun 1955, Joanne dan Jandali belum menikah, sehingga sang anak di adopsi oleh keluarga Paul dan Clara Jobs. Dalam otobirografinya, Steve bilang “merekalah orangtuaku 1000%”. Mengapa bisa begitu? Ternyata cerita bermula dari ketidaksetujuan ayah Joanne terhadap hubungan putrinya dengan orang timur tengah. Setelah Jobs diadopsi, hubungan Joanne dan Jandali ternyata berlanjut, dan setelah ayah Joanne wafat, mereka menikah tahun 1957. Pada tahun yang sama lahirlah Mona Jandali. Namun pernikahan itu tidak berlanjut karena Abdulfattah Jandali mengacuhkan anak dan istrinya. Mereka bercerai tahun 1962 saat usia Mona 4 tahun. Beberapa tahun kemudian Joanne menikah kembali walaupun akhirnya bercerai juga. Nama Mona E. Simpson adalah nama keluarga ayah tirinya.

Setelah tahu kalo dia memiliki ayah kandung keturunan arab, Mona mencoba menelusuri jejak sang ayah. Hingga akhirnya dia bisa menemukan ayahnya yang selama ini dibayangkan seganteng Omar Sharif. Tapi setelah bertemu ternyata ayahnya seorang idealis revolusioner Arab yang lebih mementingkan kaumnya daripada keluarganya sendiri. Padahal Mona begitu mengharapkan kehadiran seorang sosok lelaki yang dicintai dan mencintainya dengan setulus hati. Dan akhirnya sosok itu hadir disaat usianya 25 tahun (1984) ketika dia bertemu saudara sedarahnya, sang kakak tersayang, Steve Jobs.

Hubungan kakak adik sedarah ini menjadi hubungan cinta yang indah diantara mereka berdua. Kejadian yang menimpa ibu kandung dan adik kandungnya itulah yang membuat Steve Jobs tidak mau mengakui ayah kandungnya sendiri.

Akhirnya kita tahu mengapa Steven Paul Jobs tidak mau mengakui ataupun bertemu dengan ayah kandungnya hingga akhir hayatnya adalah karena sang ayah telah menelantarkan ibu dan adiknya juga dirinya bertahun-tahun. Untuk para lelaki, jadilah ayah yang baik untuk anak-anakmu. Jangan pernah ditelantarkan, besarkan anak-anakmu semampumu.

3 thoughts on “Mengapa Steve Jobs menolak bertemu ayah kandungnya?

  1. Yang Jelas. Jobs bukan muslim,
    steve jobs keturunan jerman juga loh..
    Tapi aneh ya. Orang jerman tidak terkoar2 padahal jobs juga berdarah jerman, Lagian jobs tidak mengakui ayah kandungnya. Justru yang di akui Ibunya Dan adiknya yang beragama nasrani.. (Terimah kasih santo stefanus paulus/stave paul jobs)

    1. elo berdua ngomong diatas, pada ga jelas, mau steve jobs org jerman,NAsrani, ato betawi sekalipun, gwa sbagai org muslim ga peduli,yg pasti kalo di wikipeDia, agamany steve zein buddhism.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s