Panel Surya Portable Bisa Dibawa Kemana-mana

solpad

Pemakaian panel surya mulai populer. Di tengah kenaikan harga listrik, panel surya merupakan salah alternatif terbaik dengan memanfaatkan sinar matahari sebagai sumber tenaga.

Jenis-jenis panel surya juga kian berkembang. Di antaranya adalah SolPad yang mengintegrasikan panel surya, baterai, inverter bahkan pengendali daya dalam unit portabel tunggal.

“SolPad Mobile adalah solusi daya portabel yang mudah terintegrasi ke dalam lingkungan rumah atau di tempat lain,” sebut Solpad pada laman situsnya.

Perusahaan mengklaim produk SolPad merupakan panel surya pertama dan satu-satunya yang terintegrasi di dunia.

Produk ini akan menandai lompatan kuantum sektor energi masing-masing personal karena mereka menggabungkan generator listrik tenaga surya dengan sistem manajemen, pengendali daya, inverter, dan baterai dalam satu unit lengkap.

Panel ini juga dapat dirantai bersama-sama untuk kebutuhan daya yang lebih besar.

Versi rumahan, yang tidak akan lagi tersedia dalam waktu dekat, digunakan sebagai bagian dari atap surya dan solusi penyimpanan energi berkapasitas 330W dan baterai 500Wh.

Sedangkan versi mobile yang akan datang lebih cocok diletakkan di halaman belakang, teras, balkon, hingga kondisi yang tidak memungkinkan sekalipun.

The SolPad Mobile terdiri dari 72W panel surya dan baterai 600Wh, ditambah inverter dan sistem kontrol, termasuk juga hotspot WiFi, lampu LED, dan antarmuka pengguna yang dapat berbicara.

Produk ini akan tersedia untuk pra-pemesanan dengan harga 1.395 dollar AS (Rp 18,6 juta). Unit ini berukuran 28 inci X 21 inci X 1,8 inci dan berat 11 kilogram.

Setiap unitnya memiliki kapasitas maksimal 2000W dan 1000W untuk digunakan terus-menerus.

Selain itu, unit ini memberikan arus DC dari dua port USB dengan fitur pengisian daya secara cepat.

Sehingga, unit ini siap untuk menyediakan daya bagi banyak peralatan rumah standar, serta memberi tenaga peralatan elektronik mobile.

Beberapa unit dapat dirantai bersama-sama dan memungkinkan penciptaan mikro-grid sinar matahari untuk memenuhi kebutuhan daya yang lebih besar.

“Software SolControl memungkinkan Anda untuk mengirim tenaga surya pada item tertentu, seperti peralatan dan kamar, dan pengalaman kontrol total melalui iPhone,” tulis Solpad.

Tidak hanya itu, Solpad juga dapat memilih waktu terbaik untuk menggunakan solar atau jaringan listrik sebagai upaya penghematan tagihan utilitas secara maksimal.

SolPad Mobile juga dapat diintegrasikan ke dalam rumah atau apartemen melalui sambungan pintar SolControl.

Setelah terhubung ke stop-kontak arus AC, perangkat lunak SolPad Mobile mengarahkan tenaga surya yang tersimpan di SolPad untuk mengimbangi energi peralatan rumah tangga tertentu, seperti mesin pembuat kopi, televisi, komputer atau pencahayaan.

Baterai satu unit SolPad Mobile dapat terisi penuh dalam 10 jam tenaga surya. Saat penuh, seunit SolPad dapat menyediakan daya untuk sekitar 60 sambungan daya telepon pintar, beberapa laptop, menjalankan TV selama beberapa jam, atau menjaga lemari es tetap dingin selama sekitar 10 jam.

 

Sumber : Kompas.com

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s